Selasa, 21 Juni 2011

Terdakwa Dihukum Belajar Bahasa Inggris

WASHINGTON - Peter Olszewski, seorang hakim di Pennsylvania, Amerika Serikat (AS), menjatuhkan vonis unik terhadap tiga terdakwa kasus kriminal.

Dia memerintahkan para terdakwa, yakni Luis Reyes, Ricardo Dominguez, dan Rafael Guzman-Mateo ketiganya asal Spanyol untuk belajar bahasa Inggris sebagai syarat agar mereka tidak ditahan.

"Kalian sudah harus bisa membaca, berbicara, dan menulis dalam bahasa Inggris dalam waktu 12 bulan. Kalau gagal, kalian harus menjalani kurungan selama 24 bulan," tegas Olszewski.

Belum ada komentar dari para terdakwa terkait putusan Olszewski. Kendati demikian, pengacara ketiga terdakwa mengaku senang dengan putusan hakim. Dia mengatakan, vonis itu sangat membantu kliennya dalam meningkatkan kualitas hidup sebagai imigran.

Para terdakwa --yang dilaporkan berusia antara 17 hingga 22 tahun-- sebelumnya mengalami kesulitan dalam menjalani proses persidangan. Hal ini tak lepas dari ketidakmampuan mereka dalam berbahasa Inggris yang baik dan benar.

Ketiga terdakwa ditangkap petugas keamanan pada pertengahan Mei 2007 karena terlibat pertengkaran dengan dua pria di tengah jalan. (jri)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes